Jumat, 29 Oktober 2010

AleAle (Sahabat, red)





Siapa yang ingin hidup sendiri di dunia ini? pasti semua akan serentak menjawab tidak.
siapa yang ingin memiliki teman banyak? mugkin jawabnya akan berbeda-beda ada yang ingin punya banyak, ada juga yang tidak ingin memilikinya terlalu banyak, sah-sah saja. tergantung pribadi individu masing-masing. tapi yang pasti didalam dunia ini tidak ada seorangpun yang ingin hidup sendiri, minimal dia akan mencintai seseorang diluar dirinya. tapi, kalau ditanya siapa yang punya sahabat? hmmmmm mungkin kita akan membutuhkan waktu sejenak untuk berpikir.
Tapi apa sih sahabat itu? menurut kamus KBBI sahabat mempunyai arti : kawan; teman; handai
dalam bahasa batak toba Aleale memiliki arti teman karib. karib   berarti rapat dan erat (tt persahabatan dsb).
saya lebih senang menggunakan kata aleale karena bagi saya maknanya sangat dalam.
teruss seperti apa seh kriteria seorang aleale yang ideal? yang setia setiap saat kapan kita butuh? yang selalu memberikan bahunya untuk kita?
untuk menjawab pertanyaaan itu mari kita simak sebuah pepatah bijak yang berbunyi " seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran" dalam bahasa batak disebutkan "
Manang ise na tongtong marholong ni roha, i ma aleale, alai tartulluk di hagogotan pe ianggo dongan situtu"

apa yang kita dapatkan dari pepatah tersebut?
1. Aleale itu tidak mementingkan dirinya sendiri artinya dia tidak ada syarat yang berubah-ubah tertentu saya mau jadi sahabat kamu jika kamu begini,, karena, sampai ,dan bla,,bla... dengan kata lain adanya ketulusan dalam diri.
2. Aleale itu saling meneguhkan. sama seperti saudara dalam keluarga yang menjadi orang pertama yang mendukung dalam keadaan apapun kita.
3. Aleale itu saling berkorban.
Kata orang Indian istilah sahabat (Aleale) berasal dari sebuah kata gabungan yang berarti "orang yang memikul kesusahanku pada pundaknya." Jadi kalau saya ingin menjadi sahabat, (aleale) saya harus hidup dengan bersedia berkorban bagi orang yang menerima persahabatan (aleale) saya.




4. Adanya saling pengertian. saya lupa kapan saya mendapat sms yang berbunyi " Tidak terlalu sulit bagi seoarang SAHABAT (Aleale red) untuk MENGERTI, jikapun tidak, ia bisa MEMAKLUMI di dalam ketidakmengertiannya" 
sulit memang untuk mengerti seseorang,, tapi itulah seninya yang mempunyai aleale kita belajar untuk mengerti walau terkadang kita ingin dimengerti. dari situ akan timbul saling pengertian.
5. Aleale saling mendoakan. jarak, tempat tidak menjadi masalah sebagai aleale kita bisa saling mendukung lewat media yang dinamakan dengan doa dalam batak toba ada istilah 'tondi marsigomgoman' yang berarti jiwa saling mendoakan.
6. menjadi aleale mengajarkan kita untuk lebih banyak mendengar dari pada berbicara. jadilah pendengar yang baik, banyak saat ini yang hanya bisa bicara tanpa mampu mendengarkan. orang selalu berbicara tentang dirinya sendiri atau tentang pikiran-pikirannya sendiri, tanpa mau mendengarkan orang lain. dan yamg terakhir
7. satu hal yang perlu ditanamkan dalam hati "percayalah, dibalik segala kelebihan, ataupun kekurangan Aleale kita, aleale sejati tak pernah bersungguh-sungguh ingin menyakiti alealenya."
jadi pertanyaan nya sekarang, sudahkah anda memilki aleale? jika sudah siapakah aleale saudara? 
selamat menjawab.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar