Sabtu, 30 Oktober 2010

percaya gag kalo anda itu unik?

Saya manusia, anda juga manusia kita sama-sama manusia.. makannya makan nasi, cuman lauk aja yang berbeda,, tapi gag  beda-beda amatlah,  lauk saya  telor ceplok,, mungkin lauk anda telor balado..  jadi sama kan? sama-sama makan nasi pake telor ? cuman cara penyajiannya aja yang berbeda..
tapi.. kenapa masih ada ya orang yang merasa dirinya tidak mampu? merasa dirinya tidak layak? merasa dirinya tidak punya kemapuan apa-apa? ingett lohhh kita sama makan nasi.
manusia dilahirkan dengan berbagai macam potensi  yang bersarang dalam dirinya, pernah denger isitlah tabula rasa? itu lohh yang artinya manusia itu lahir bagai kertas putih dan di tulis oleh lingkungan sekitar, intinya bagaimana manusia itu kelak ya di tentukan oleh lingkungannya. ada benarnya juga apa yang di bilang Om Jhon Lock, tapi gag "se pasif" itulah manusia, manusia mempunyai keinginan untuk maju, untuk berkembang menuju kepada sesuatu yang lebih baik walaupun terkadang lingkungan tak mendukung, loh kok bisa? jawabnya sederhana anda itu unik,, anda punya cara sendiri untuk menjalani hidup, dan yang paling penting anda dibekali berbagai macam kemampuan yang luar biasa.
unik itu kan lain dari pada yang lain, khusus tersendiri. jadi di dunia ini cuman ada satu yang seperti anda yaitu diri anda. hebat kan? tak ada yang sama persis dengan diri anda, sekalipun diri anda kembar.
tapi bagaimana ya mengenali ke-unik-an diri sendiri?

hal yang pertama yang harus anda lakukan adalah mengenali diri anda sendiri, banyak orang ketika ditanya atau menjawab pertanyaan apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan diri, kebanyakan dari anda akan merasa bingung sehingga keluarlah statement aduhh.. apa ya.... dan tanpa disadari anda lebih banyak menuliskan kekurangann anda dibandingkan kelebihan anda, atau anda justru bertanya kepada kawan anda misalnya melalui sms apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan diri anda, atau dengan obrolan santai. tapi  tidak apa kalau memang itu menjadi feedback yang positif bagi diri anda, kenali diri anda dengan merenungkan siapa saya? dan untuk apa saya ada di dunia ini?
hal kedua yang perlu anda lakukan adalah mencoba hal-hal baru, mencoba hal-hal baru yang belum pernah anda lakukan tidak salah untuk dilakukan, mungkin dengan melakukan hal-hal yang baru anda akan mengenali kemapuan anda yang lain yang selama ini "tertidur".




hal keketiga yang anda harus lakukakan adalah meninggalkan comfort zone atau zona nyaman anda. terasa asing memang apabila kita harus "tinggal" di tempat yang baru dan "harus" meninggalkan tempat yang begitu nyaman. karena anda harus beradaptasi "lagi". tapi percaya itu hanya perasaan diawal saja, apabila anda sudah "terbiasa" tanpa disadari anda "mampu beradatasi".

yang ke empat yang harus anda lakukan adalah mengingat bahwa anda terlahir dengan sejuta kemampuan yang menyertai anda untuk bisa bertahan di dunia ini, kemampuan itu adalah keunikkan yang anda miliki yang tersimpan dalam diri anda, tugas anda adalah membiarkan keunikkan itu bangkit? atau justru terus menina bobokan keunikan anda?  saya makan nasi, anda juga makan nasi. saya makan telor ceplok, anda? silahkan anda pilih sendiri sesuai dengan kemampuan (keunikan) anda masing-masing bagaimana anda mau menyajikan menu di meja kehidupan.

jadi apakah anda masih ragu kalau anda itu unik?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar